Cara Mengatasi Haid Tanpa Obat

26 Desember 2018

Rasa sakit saat menstruasi merupakan hal yang wajar, akan tetapi rasa sakit yang dialami oleh setiap perempuan tidaklah sama. Terdapat sebagian perempuan yang merasakan sakit luar biasa saat menstruasi sehingga berujung pada tubuh yang lemas dan tidak bertenaga.

Rasa sakit saat menstruasi dikenal dengan istilah dismenore. Dismenore ditandai dengan terjadinya kram atau nyeri pada perut bagian bawah, nyeri di punggung bagian bawah, rasa sakit pada paha bagian dalam yang terasa seperti ditarik, diare, mual, muntah, sakit kepala, hingga pusing.

Dismenore tak melulu harus diatasi dengan obat-obatan, melainkan juga dapat diatasi dengan beberapa cara, berikut dunia kecantikan merangkumnya untuk kalian.

  • Konsumsi makanan berkalsium tinggi.
    Kalsium dapat membantu mengurangi kram otot saat menstruasi. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi antara lain makanan berbasis susu, almond, sayuran berdaun hijau, dan juga biji wijen.

  • Konsumsi banyak air putih.
    Air putih yang efektif mengurangi rasa sakit saat menstruasi adalah air putih hangat. Air putih hangat akan memperlancar peredaran darah dan membantu merelaksasi otot yang kram.

  • Konsumsi kayu manis.
    Kalian dapat mengonsumsi kayu manis dengan cara mencampurkannya pada makanan atau minuman. Kayu manis sangat kaya akan serat, kalsium, dan juga zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh saat menstruasi. Selain itu kayu manis juga mengandung mineral berupa mangan yang berfungsi mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

  • Konsumsi ayam, ikan, dan sayuran berdaun hijau.
    Ketiga jenis makanan tersebut kaya akan zat besi. Saat seorang perempuan mengalami menstruasi maka tubuh kehilangan banyak zat besi. Kurangnya zat besi pada tubuh inilah yang kemudian membuat tubuh terasa lemas. Oleh sebab itu, konsumsi ayam, ikan, dan sayuran berdaun hijau akan sangat baik untuk memulihkan kondisi tubuh saat menstruasi.

  • Hindari makanan dan minuman yang berpotensi memperparah terjadinya kram.
    Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan rasa kram saat menstruasi bertambah parah. Makanan dan minuman ini menjadi pantangan bagi para perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Makanan dan minuman tersebut yakni makanan berlemak, alkohol, minuman karbonat, dan minuman berkafein.

  • Menggunakan kompres panas.
    Kompresan panas dapat mengurangi rasa sakit khususnya pada bagian perut dan pinggang. Kalian bisa membuat kompres panas ini secara manual. Terdapat beberapa cara dalam membuat kompres panas, pertama menggunakan air hangat dan kedua menggunakan nasi hangat.
    -Kompres air hangat
    Untuk membuat kompres dengan air hangat, kalian hanya membutuhkan sebuah botol kaca dan air hangat secukupnya. Cukup cuci botol kaca hingga bersih, kemudian isi penuh dengan air hangat. Sebelum digunakan, periksa dahulu apakah panas yang ditimbulkan sudah pas. Jika terlalu panas kalian bisa mengatasinya dengan membalutnya dengan handuk sebelum meletakkannya pada bagian perut dan pinggang.
    -Kompres nasi hangat
    Untuk membuat kompres menggunakan nasi hangat, kalian memerlukan kain, alat jahit, dan juga nasi. Pertama-tama potonglah kain berbentuk persegi sebanyak dua lembar, kemudian satukan ketiga sisinya dengan cara menjahit bagian tepinya sehingga membentuk kantong. Isi kantong dengan nasi, kemudian lanjutkan jahitan pada sisi keempat sehingga kantong nasi berubah menjadi bantalan nasi. Setelah itu panaskan bantalan nasi pada microwave hingga hangat, dan gunakan pada bagian perut dan pinggang.

Semoga tips diatas bisa membantu mengurangi rasa sakit disaat kalian mentruasi ya beauties.



Baca juga
  »
18 Juni 2019
Jangan Khawatir Dengan Breakout!
Kalian pernah dengar istilah “breakout”? Breakout merupakan salah satu permasalah kulit wajah yang seringkali membuat stress para perempuan. Lalu apa itu breakout? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini!

  »
31 Mei 2019
Rambut Beruban Pada Wanita Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya
Rambut beruba merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap manusia, tapi jika rambut beruban tumbuh diusia yang terbilang masih sangat muda trntunya bukan hal yang normal kan? Jadi sebenarnya apa penyebab rambut hitam yang mengalami perubahan warna menjadi putih ?

  »
30 Mei 2019
Intip Kepribadian Wanita Berdasarkan Model Sepatu Favoritnya
Tahukah Anda, ternyata kepribadian wanita bisa dilihat dari model sepatu favoritnya, lho! Wanita cenderung memilih sepatu yang cocok dan membuat mereka merasa nyaman. Paling tidak, mereka akan cenderung memilih karakter sepatu yang pas dengan karakternya sendiri. Lalu bagaimana sih kepribadian wanita berdasarkan model sepatu favoritnya? Simak disini yuk!

  »
29 Mei 2019
Berolahraga Saat Perut Kosong? Ini Bahayanya!
Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong jauh lebih baik, karena akan mempermudah penurunan berat badan. Namun sebagian yang lain beranggapan bahwa jika perut kosong maka ketika terjadi pembakaran energi saat berolahraga, tubuh akan menjadi cepat lemas. Lalu, manakah yang benar?

  »
28 Mei 2019
7 Fakta Mengejutkan Tentang Fashion Yang Anda Wajib Tahu
Berbagai model fashion mengalami perkembangan dan perubahan dari tahun ke tahun. Bukan hanya untuk alasan penampilan, namun perkembangan tersebut juga dimaksudkan untuk mengikuti perubahan jaman. Dalam perjalanan sejarah, fashion yang kita kenakan sekarang ini ternyata diciptakan dengan alasan yang mungkin tidak pernah Anda kira. Yuk simak 7 fakta mengejutkan tentang fashion yang Anda wajib tahu berikut ini.

  »
27 Mei 2019
6 Kesalahan Mengatasi Jerawat Yang Bikin Tambah Parah
 Jerawat memang mengganggu, selain rasanya nyeri dan gatal, penampilan juga menjadi tidak sempurna. Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami kulit berjerawat, berbagai cara pastinya sudah Anda lakukan, bukan? Mulai dari cara alami sampai dengan perawatan ke salon-salon langganan. Tapi bukannya menjadi sembuh, kok jerawat bertambah parah ya? Jika keadaannya demikian, jangan-jangan Anda sudah melakukan beberapa kesalahan yang membuat jerawat semakin meradang. Apa saja kesalahan itu? Simak 6 kesalahan mengatasi jerawat berikut ini yuk.