Tips Mencegah Dan Mengatasi Milia Pada Wajah

26 Desember 2018

Hai beauties!

Apakah kalian pernah mendengar salah satu penyakit kulit bernama “milia”? Mungkin sedikit kurang akrab di telinga, namun milia merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup sering menyerang wajah. Milia memiliki bentuk yang mirip dengan jerawat, berbentuk benjolan kecil dengan ukuran 1-2mm, dan berisi cairan putih kekuningan yang nampak seperti mutiara. Milia biasanya terdiri dari sekumpulan benjolan, namun jika hanya terdiri dari satu benjolan saja maka akan disebut sebagai milium.

Milia sering disebut juga sebagai jerawat bayi karena cukup sering muncul pada bayi yang baru lahir. Milia terbentuk karena adanya suatu protein bernama keratin yang terperangkap di dalam kelenjar pilosebasea yang berada di dalam kulit. Milia sering muncul pada area hidung, kelopak mata, dahi, dan pipi.

Pada umumnya, milia ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus untuk menghilangkannya, namun munculnya milia cukup mengganggu penampilan. Berikut dunia kecantikan akan merangkum beberapa jenis milia dan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan milia.

Jenis-Jenis Milia

  1. Neonatal milia, merupakan milia yang dialami oleh bayi yang baru lahir. Milia jenis ini sangat normal dan dapat hilang dengan sendirinya.
  2. Primary milia, merupakan milia yang terjadi pada anak-anak hingga dewasa dan biasa muncul pada bagian dahi serta kelopak mata. Milia jenis ini dapat hilang dalam kurun waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.
  3. Secondary Milia, merupakan milia yang muncul akibat terjadinya kerusakan lapisan kulit seperti luka bakar. Milia jenis ini juga bisa muncul akibat penggunaan krim kulit yang mengandung kortikosteroid.
  4. Milia en plaque, merupakan milia yang berbentuk bercak pada kulit yang berukuran lebih dari 1 cm dan menonjol akibat terjadinya peradangan. Milia jenis ini termasuk langka dan biasa menyerang wanita paruh baya.
  5. Multiple eruptive milia, merupakan milia yang bergerombol dan bertahan selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan. Sama seperti milia en plaque, milia jenis ini juga termasuk jenis milia yang langka.

Mencegah Milia

  1. Membersihkan wajah secara rutin.
    Wajah yang kotor atau tidak dibersihkan dengan benar akan berpotensi lebih besar mengalami berbagai masalah kulit, termasuk milia. Pembersihan wajah secara rutin diperlukan untuk membersihkan kotoran di dalam pori-pori sehingga dapat mencegah munculnya milia.
  2. Menggunakan sunscreen.
    Sinar UV dapat menyebabkan penebalan lapisan epidermis kulit. Jika lapisan epidermis menebal, maka keratin yang berada di bawah lapisan epidermis akan semakin sulit keluar, sehingga berpotensi besar menimbulkan milia. Penggunaan sunscreen akan mencegah efek negatif dari sinar UV tersebut. Pastikan kalian menggunakan sunscreen secara teratur sebelum melakukan aktivitas di bawah sinar terik matahari ya beauties.
  3. Eksfoliasi.
    Eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati sangat penting dilakukan untuk mencegah timbulnya milia. Hal ini karena sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan juga dapat membuat keratin terperangkap, sehingga berakhir dengan milia. Lakukanlah eksfoliasi 2-3x dalam seminggu dengan menggunakan eksfoliator yang ringan. Walaupun melakukan eksfoliasi cukup ampuh dalam mencegah milia, namun terlalu sering melakukan eksfoliasi juga tidak akan berdampak baik pada kulit. Oleh sebab itu lakukanlah eksfoliasi secukupnya sesuai dengan kebutuhan kulit kalian ya beauties.

Mengatasi Milia

Milia dapat diatasi dengan menggunakan jarum, yakni dengan cara menusuknya dan mengeluarkan isinya. Namun cara ini terlalu beresiko untuk dilakukan seorang diri di rumah. Peralatan yang tidak bernar-benar steril dapat menimbulkan infeksi yang berbuntut panjang, termasuk bekasnya yang akan sangat sulit hilang. Cara yang paling aman dalam mengatasi milia adalah dengan bantuan medis. Milia dapat dihilangkan dengan beberapa metode perawatan medis seperti laser, dermabrasi, peeling, dan juga krioterapi.



Baca juga
  »
18 Juni 2019
Jangan Khawatir Dengan Breakout!
Kalian pernah dengar istilah “breakout”? Breakout merupakan salah satu permasalah kulit wajah yang seringkali membuat stress para perempuan. Lalu apa itu breakout? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini!

  »
31 Mei 2019
Rambut Beruban Pada Wanita Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya
Rambut beruba merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap manusia, tapi jika rambut beruban tumbuh diusia yang terbilang masih sangat muda trntunya bukan hal yang normal kan? Jadi sebenarnya apa penyebab rambut hitam yang mengalami perubahan warna menjadi putih ?

  »
30 Mei 2019
Intip Kepribadian Wanita Berdasarkan Model Sepatu Favoritnya
Tahukah Anda, ternyata kepribadian wanita bisa dilihat dari model sepatu favoritnya, lho! Wanita cenderung memilih sepatu yang cocok dan membuat mereka merasa nyaman. Paling tidak, mereka akan cenderung memilih karakter sepatu yang pas dengan karakternya sendiri. Lalu bagaimana sih kepribadian wanita berdasarkan model sepatu favoritnya? Simak disini yuk!

  »
29 Mei 2019
Berolahraga Saat Perut Kosong? Ini Bahayanya!
Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong jauh lebih baik, karena akan mempermudah penurunan berat badan. Namun sebagian yang lain beranggapan bahwa jika perut kosong maka ketika terjadi pembakaran energi saat berolahraga, tubuh akan menjadi cepat lemas. Lalu, manakah yang benar?

  »
28 Mei 2019
7 Fakta Mengejutkan Tentang Fashion Yang Anda Wajib Tahu
Berbagai model fashion mengalami perkembangan dan perubahan dari tahun ke tahun. Bukan hanya untuk alasan penampilan, namun perkembangan tersebut juga dimaksudkan untuk mengikuti perubahan jaman. Dalam perjalanan sejarah, fashion yang kita kenakan sekarang ini ternyata diciptakan dengan alasan yang mungkin tidak pernah Anda kira. Yuk simak 7 fakta mengejutkan tentang fashion yang Anda wajib tahu berikut ini.

  »
27 Mei 2019
6 Kesalahan Mengatasi Jerawat Yang Bikin Tambah Parah
 Jerawat memang mengganggu, selain rasanya nyeri dan gatal, penampilan juga menjadi tidak sempurna. Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami kulit berjerawat, berbagai cara pastinya sudah Anda lakukan, bukan? Mulai dari cara alami sampai dengan perawatan ke salon-salon langganan. Tapi bukannya menjadi sembuh, kok jerawat bertambah parah ya? Jika keadaannya demikian, jangan-jangan Anda sudah melakukan beberapa kesalahan yang membuat jerawat semakin meradang. Apa saja kesalahan itu? Simak 6 kesalahan mengatasi jerawat berikut ini yuk.