Tips Mencegah Dan Mengatasi Milia Pada Wajah

26 Desember 2018

Hai beauties!

Apakah kalian pernah mendengar salah satu penyakit kulit bernama “milia”? Mungkin sedikit kurang akrab di telinga, namun milia merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup sering menyerang wajah. Milia memiliki bentuk yang mirip dengan jerawat, berbentuk benjolan kecil dengan ukuran 1-2mm, dan berisi cairan putih kekuningan yang nampak seperti mutiara. Milia biasanya terdiri dari sekumpulan benjolan, namun jika hanya terdiri dari satu benjolan saja maka akan disebut sebagai milium.

Milia sering disebut juga sebagai jerawat bayi karena cukup sering muncul pada bayi yang baru lahir. Milia terbentuk karena adanya suatu protein bernama keratin yang terperangkap di dalam kelenjar pilosebasea yang berada di dalam kulit. Milia sering muncul pada area hidung, kelopak mata, dahi, dan pipi.

Pada umumnya, milia ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus untuk menghilangkannya, namun munculnya milia cukup mengganggu penampilan. Berikut dunia kecantikan akan merangkum beberapa jenis milia dan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan milia.

Jenis-Jenis Milia

  1. Neonatal milia, merupakan milia yang dialami oleh bayi yang baru lahir. Milia jenis ini sangat normal dan dapat hilang dengan sendirinya.
  2. Primary milia, merupakan milia yang terjadi pada anak-anak hingga dewasa dan biasa muncul pada bagian dahi serta kelopak mata. Milia jenis ini dapat hilang dalam kurun waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.
  3. Secondary Milia, merupakan milia yang muncul akibat terjadinya kerusakan lapisan kulit seperti luka bakar. Milia jenis ini juga bisa muncul akibat penggunaan krim kulit yang mengandung kortikosteroid.
  4. Milia en plaque, merupakan milia yang berbentuk bercak pada kulit yang berukuran lebih dari 1 cm dan menonjol akibat terjadinya peradangan. Milia jenis ini termasuk langka dan biasa menyerang wanita paruh baya.
  5. Multiple eruptive milia, merupakan milia yang bergerombol dan bertahan selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan. Sama seperti milia en plaque, milia jenis ini juga termasuk jenis milia yang langka.

Mencegah Milia

  1. Membersihkan wajah secara rutin.
    Wajah yang kotor atau tidak dibersihkan dengan benar akan berpotensi lebih besar mengalami berbagai masalah kulit, termasuk milia. Pembersihan wajah secara rutin diperlukan untuk membersihkan kotoran di dalam pori-pori sehingga dapat mencegah munculnya milia.
  2. Menggunakan sunscreen.
    Sinar UV dapat menyebabkan penebalan lapisan epidermis kulit. Jika lapisan epidermis menebal, maka keratin yang berada di bawah lapisan epidermis akan semakin sulit keluar, sehingga berpotensi besar menimbulkan milia. Penggunaan sunscreen akan mencegah efek negatif dari sinar UV tersebut. Pastikan kalian menggunakan sunscreen secara teratur sebelum melakukan aktivitas di bawah sinar terik matahari ya beauties.
  3. Eksfoliasi.
    Eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati sangat penting dilakukan untuk mencegah timbulnya milia. Hal ini karena sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan juga dapat membuat keratin terperangkap, sehingga berakhir dengan milia. Lakukanlah eksfoliasi 2-3x dalam seminggu dengan menggunakan eksfoliator yang ringan. Walaupun melakukan eksfoliasi cukup ampuh dalam mencegah milia, namun terlalu sering melakukan eksfoliasi juga tidak akan berdampak baik pada kulit. Oleh sebab itu lakukanlah eksfoliasi secukupnya sesuai dengan kebutuhan kulit kalian ya beauties.

Mengatasi Milia

Milia dapat diatasi dengan menggunakan jarum, yakni dengan cara menusuknya dan mengeluarkan isinya. Namun cara ini terlalu beresiko untuk dilakukan seorang diri di rumah. Peralatan yang tidak bernar-benar steril dapat menimbulkan infeksi yang berbuntut panjang, termasuk bekasnya yang akan sangat sulit hilang. Cara yang paling aman dalam mengatasi milia adalah dengan bantuan medis. Milia dapat dihilangkan dengan beberapa metode perawatan medis seperti laser, dermabrasi, peeling, dan juga krioterapi.



Baca juga
  »
23 Januari 2019
Tak Hanya Sebagai Bahan Baku Jamu, Kencur Ternyata Bisa Bikin Cantik
Apakah kalian familier dengan kencur? Nah, kencur ini, selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, ternyata juga memiliki manfaat yang baik pula untuk kecantikan. Mau tau apa aja manfaatnya? Simak artikel kita berikut ini!

  »
23 Januari 2019
Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kecantikan
Tau belimbing wuluh kan? Belimbing wuluh ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kecantikan loh beauties, mulai dari menghaluskan kulit hingga menyembuhkan panu. Pengen tau apa aja manfaat lainnya? Yuk simak artikel Dunia Kecantikan berikut ini!

  »
22 Januari 2019
Manfaat Susu Kedelai Bagi Kecantikan Yang Banyak Diketahui
Untuk kalian para perempuan, konsumsi susu kedelai secara rutin ternyata memiliki manfaat tersendiri loh, yakni untuk kecantikan. Kira-kira apa saja ya manfaat konsumsi susu kedelai bagi kecantikan? Berikut dunia kecantikan merangkumnya untuk kalian!

  »
22 Januari 2019
Lavender Oil Untuk Kecantikan Perempuan Masa Kini
Lavender oil memiliki banyak manfaat untuk kecantikan loh beauties. Terdapat setidaknya lima manfaat lavender oil untuk kecantikan. Selengkapnya, baca ulasan berikut ini yaa!

  »
21 Januari 2019
3 Bunga Ini Mudah Ditemukan Dan Bermanfaat Untuk Kecantikan
Merawat kecantikan dengan menggunakan buah-buahan sudah menjadi hal yang sangat umum. Namun bagaimana dengan merawat kecantikan menggunakan bunga? Mau tau bunga apa saja yang bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan? Check it out!

  »
21 Januari 2019
Hair Oil Alami Yang Ampuh Atasi Masalah Rambut
Punya masalah rambut? Hair oil bisa menjadi solusi bagi masalah rambut kalian lho. Agar tak salah memilih hair oil, pastikan kalian mengetahui terlebih dahulu manfaat dari setiap hair oil. Dunia Kecantikan akan memberikan informasi seputar macam-macam hair oil dan kegunaannya bagi rambut. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini!