Penyebab Pengelupasan Kulit Dan Cara Mengatasinya

7 Januari 2019

Hai beauties!

Pernahkah kalian mengalami pengelupasan kulit pada bagian tangan? Pengelupasan ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu sampai dua hari saja, namun jika pengelupasan kulit timbul sebagai indikasi dari penyakit tertentu, maka biasanya akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh dan juga memerlukan pengobatan tertentu.

Walaupun bukan merupakan suatu masalah yang serius, namun pengelupasan kulit sangat mengganggu penampilan. Tak hanya terlihat bersisik, pengelupasan kulit akan membuat tangan terasa kasar sehingga sering membuat seseorang merasa tidak percaya diri untuk berjabat tangan. Lalu apa saja penyebab pengelupasan kulit dan bagaimana cara mengatasinya?

Simak ulasannya berikut ini. Beberapa hal selain penyakit yang dapat menyebabkan pengelupasan kulit adalah sebagai berikut :

  • Aktivitas Mencuci Dengan Tangan.
    Baik mencuci piring ataupun mencuci pakaian dengan tangan, keduanya berpotensi mengakibatkan pengelupasan kulit. Mencuci dengan tangan mengharuskan tangan kita mengalami kontak langsung dengan sabun ataupun detergen. Sabun dan deterjen biasanya mengandung suatu bahan aktif tertentu yang bersifat keras, yang dapat menimbulkan alergi pada tangan kita. Orang yang mengalami alergi dengan sabun atau deterjen ini biasanya akan mulai merasakan gatal pada tangannya setelah melakukan aktivitas mencuci, kemudian secara perlahan-lahan kulit akan mengelupas dan muncul ruam-ruam merah.
  • Cuaca.
    Cuaca nyatanya juga berpotensi membuat kulit mengalami pengelupasan. Cuaca yang terlalu dingin akan membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya dan menjadi kering. Kulit yang kering inilah yang kemudian akan mengelupas dan membuat kulit menjadi kasar.
  • Terlalu Sering Memegang Benda Yang Kasar.
    Walaupun terlihat sederhana, namun memegang benda yang kasar secara terus-menerus juga dapat mengakibatkan pengelupasan kulit. Hal ini karena saat tangan kita bersentuhan dengan benda-benda yang memiliki permukaan kasar, kulit tangan kita akan mengalami goresan-goresan halus. Jika goresan-goresan ini mengenai kulit tangan secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama, maka kulit tangan pun akan mengelupas.

Untuk mengatasi pengelupasan kulit yang diakibatkan oleh hal-hal tersebut di atas, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni :

  1. Mengoleskan minyak wijen atau minyak gandum.
    Minyak wijen dan minyak gandum mengandung tocopherols, tocotrienols, dan vitamin E yang berfungsi melembabkan kulit. Untuk mengatasi pengelupasan kulit dengan kedua minyak ini, pertama-tama kalian perlu mencuci tangan kalian dengan air hingga bersih. Kemudian oleskan minyak wijen atau minyak gandum pada bagian kulit yang mengalami pengelupasan dan lakukan pijatan lembut. Setelah itu diamkan selama kurang lebih satu jam, kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  2. Mengoleskan kantong teh.
    Teh mengandung katekin asam tanat yang berfungsi mengatasi kerusakan kulit. Untuk mengatasi pengelupasan kulit dengan kantong teh, kalian cukup membasahi kantong teh dengan air panas. Kemudian diamkan hingga kantong teh menjadi dingin, setelah itu oleskan pada bagian kulit yang mengelupas. Diamkan beberapa saat agar kandungan di dalam teh terserap ke dalam pori-pori kulit dan memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi.
  3. Mengoleskan apel, pisang, stroberi, dan blackberry.
    Keempat buah ini mengandung cyaniding, pelargonidin, dan anthocyanin yang mampu memperbaiki kerusakan protein kulit. Kalian cukup membelah buah-buah tersebut dan mengoleskannya pada bagian kulit yang mengelupas untuk mengatasi pengelupasan kulit yang terjadi.

Nah beauties, itulah tadi beberapa hal di luar penyakit yang berpotensi menyebabkan pengelupasan kulit dan beberapa cara untuk mengatasinya. So, segera cari tau penyebabnya dan atasi dengan tepat ya beauties



Baca juga
  »
18 Juni 2019
Jangan Khawatir Dengan Breakout!
Kalian pernah dengar istilah “breakout”? Breakout merupakan salah satu permasalah kulit wajah yang seringkali membuat stress para perempuan. Lalu apa itu breakout? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini!

  »
31 Mei 2019
Rambut Beruban Pada Wanita Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya
Rambut beruba merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap manusia, tapi jika rambut beruban tumbuh diusia yang terbilang masih sangat muda trntunya bukan hal yang normal kan? Jadi sebenarnya apa penyebab rambut hitam yang mengalami perubahan warna menjadi putih ?

  »
30 Mei 2019
Intip Kepribadian Wanita Berdasarkan Model Sepatu Favoritnya
Tahukah Anda, ternyata kepribadian wanita bisa dilihat dari model sepatu favoritnya, lho! Wanita cenderung memilih sepatu yang cocok dan membuat mereka merasa nyaman. Paling tidak, mereka akan cenderung memilih karakter sepatu yang pas dengan karakternya sendiri. Lalu bagaimana sih kepribadian wanita berdasarkan model sepatu favoritnya? Simak disini yuk!

  »
29 Mei 2019
Berolahraga Saat Perut Kosong? Ini Bahayanya!
Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong jauh lebih baik, karena akan mempermudah penurunan berat badan. Namun sebagian yang lain beranggapan bahwa jika perut kosong maka ketika terjadi pembakaran energi saat berolahraga, tubuh akan menjadi cepat lemas. Lalu, manakah yang benar?

  »
28 Mei 2019
7 Fakta Mengejutkan Tentang Fashion Yang Anda Wajib Tahu
Berbagai model fashion mengalami perkembangan dan perubahan dari tahun ke tahun. Bukan hanya untuk alasan penampilan, namun perkembangan tersebut juga dimaksudkan untuk mengikuti perubahan jaman. Dalam perjalanan sejarah, fashion yang kita kenakan sekarang ini ternyata diciptakan dengan alasan yang mungkin tidak pernah Anda kira. Yuk simak 7 fakta mengejutkan tentang fashion yang Anda wajib tahu berikut ini.

  »
27 Mei 2019
6 Kesalahan Mengatasi Jerawat Yang Bikin Tambah Parah
 Jerawat memang mengganggu, selain rasanya nyeri dan gatal, penampilan juga menjadi tidak sempurna. Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami kulit berjerawat, berbagai cara pastinya sudah Anda lakukan, bukan? Mulai dari cara alami sampai dengan perawatan ke salon-salon langganan. Tapi bukannya menjadi sembuh, kok jerawat bertambah parah ya? Jika keadaannya demikian, jangan-jangan Anda sudah melakukan beberapa kesalahan yang membuat jerawat semakin meradang. Apa saja kesalahan itu? Simak 6 kesalahan mengatasi jerawat berikut ini yuk.