Penyebab Pengelupasan Kulit Dan Cara Mengatasinya

7 Januari 2019

Hai beauties!

Pernahkah kalian mengalami pengelupasan kulit pada bagian tangan? Pengelupasan ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu sampai dua hari saja, namun jika pengelupasan kulit timbul sebagai indikasi dari penyakit tertentu, maka biasanya akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh dan juga memerlukan pengobatan tertentu.

Walaupun bukan merupakan suatu masalah yang serius, namun pengelupasan kulit sangat mengganggu penampilan. Tak hanya terlihat bersisik, pengelupasan kulit akan membuat tangan terasa kasar sehingga sering membuat seseorang merasa tidak percaya diri untuk berjabat tangan. Lalu apa saja penyebab pengelupasan kulit dan bagaimana cara mengatasinya?

Simak ulasannya berikut ini. Beberapa hal selain penyakit yang dapat menyebabkan pengelupasan kulit adalah sebagai berikut :

  • Aktivitas Mencuci Dengan Tangan.
    Baik mencuci piring ataupun mencuci pakaian dengan tangan, keduanya berpotensi mengakibatkan pengelupasan kulit. Mencuci dengan tangan mengharuskan tangan kita mengalami kontak langsung dengan sabun ataupun detergen. Sabun dan deterjen biasanya mengandung suatu bahan aktif tertentu yang bersifat keras, yang dapat menimbulkan alergi pada tangan kita. Orang yang mengalami alergi dengan sabun atau deterjen ini biasanya akan mulai merasakan gatal pada tangannya setelah melakukan aktivitas mencuci, kemudian secara perlahan-lahan kulit akan mengelupas dan muncul ruam-ruam merah.
  • Cuaca.
    Cuaca nyatanya juga berpotensi membuat kulit mengalami pengelupasan. Cuaca yang terlalu dingin akan membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya dan menjadi kering. Kulit yang kering inilah yang kemudian akan mengelupas dan membuat kulit menjadi kasar.
  • Terlalu Sering Memegang Benda Yang Kasar.
    Walaupun terlihat sederhana, namun memegang benda yang kasar secara terus-menerus juga dapat mengakibatkan pengelupasan kulit. Hal ini karena saat tangan kita bersentuhan dengan benda-benda yang memiliki permukaan kasar, kulit tangan kita akan mengalami goresan-goresan halus. Jika goresan-goresan ini mengenai kulit tangan secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama, maka kulit tangan pun akan mengelupas.

Untuk mengatasi pengelupasan kulit yang diakibatkan oleh hal-hal tersebut di atas, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni :

  1. Mengoleskan minyak wijen atau minyak gandum.
    Minyak wijen dan minyak gandum mengandung tocopherols, tocotrienols, dan vitamin E yang berfungsi melembabkan kulit. Untuk mengatasi pengelupasan kulit dengan kedua minyak ini, pertama-tama kalian perlu mencuci tangan kalian dengan air hingga bersih. Kemudian oleskan minyak wijen atau minyak gandum pada bagian kulit yang mengalami pengelupasan dan lakukan pijatan lembut. Setelah itu diamkan selama kurang lebih satu jam, kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  2. Mengoleskan kantong teh.
    Teh mengandung katekin asam tanat yang berfungsi mengatasi kerusakan kulit. Untuk mengatasi pengelupasan kulit dengan kantong teh, kalian cukup membasahi kantong teh dengan air panas. Kemudian diamkan hingga kantong teh menjadi dingin, setelah itu oleskan pada bagian kulit yang mengelupas. Diamkan beberapa saat agar kandungan di dalam teh terserap ke dalam pori-pori kulit dan memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi.
  3. Mengoleskan apel, pisang, stroberi, dan blackberry.
    Keempat buah ini mengandung cyaniding, pelargonidin, dan anthocyanin yang mampu memperbaiki kerusakan protein kulit. Kalian cukup membelah buah-buah tersebut dan mengoleskannya pada bagian kulit yang mengelupas untuk mengatasi pengelupasan kulit yang terjadi.

Nah beauties, itulah tadi beberapa hal di luar penyakit yang berpotensi menyebabkan pengelupasan kulit dan beberapa cara untuk mengatasinya. So, segera cari tau penyebabnya dan atasi dengan tepat ya beauties



Baca juga
  »
23 Januari 2019
Tak Hanya Sebagai Bahan Baku Jamu, Kencur Ternyata Bisa Bikin Cantik
Apakah kalian familier dengan kencur? Nah, kencur ini, selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, ternyata juga memiliki manfaat yang baik pula untuk kecantikan. Mau tau apa aja manfaatnya? Simak artikel kita berikut ini!

  »
23 Januari 2019
Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kecantikan
Tau belimbing wuluh kan? Belimbing wuluh ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kecantikan loh beauties, mulai dari menghaluskan kulit hingga menyembuhkan panu. Pengen tau apa aja manfaat lainnya? Yuk simak artikel Dunia Kecantikan berikut ini!

  »
22 Januari 2019
Manfaat Susu Kedelai Bagi Kecantikan Yang Banyak Diketahui
Untuk kalian para perempuan, konsumsi susu kedelai secara rutin ternyata memiliki manfaat tersendiri loh, yakni untuk kecantikan. Kira-kira apa saja ya manfaat konsumsi susu kedelai bagi kecantikan? Berikut dunia kecantikan merangkumnya untuk kalian!

  »
22 Januari 2019
Lavender Oil Untuk Kecantikan Perempuan Masa Kini
Lavender oil memiliki banyak manfaat untuk kecantikan loh beauties. Terdapat setidaknya lima manfaat lavender oil untuk kecantikan. Selengkapnya, baca ulasan berikut ini yaa!

  »
21 Januari 2019
3 Bunga Ini Mudah Ditemukan Dan Bermanfaat Untuk Kecantikan
Merawat kecantikan dengan menggunakan buah-buahan sudah menjadi hal yang sangat umum. Namun bagaimana dengan merawat kecantikan menggunakan bunga? Mau tau bunga apa saja yang bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan? Check it out!

  »
21 Januari 2019
Hair Oil Alami Yang Ampuh Atasi Masalah Rambut
Punya masalah rambut? Hair oil bisa menjadi solusi bagi masalah rambut kalian lho. Agar tak salah memilih hair oil, pastikan kalian mengetahui terlebih dahulu manfaat dari setiap hair oil. Dunia Kecantikan akan memberikan informasi seputar macam-macam hair oil dan kegunaannya bagi rambut. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini!