3 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok Yang Dapat Berujung Pada Kebotakan

11 Januari 2019

Hai beauties!

Saat mulai memasuki usia 40 tahun-an, maka masalah rambut yang akan mengincar kita adalah kebotakan. Kebotakan bisa terjadi karena berbagai hal, bisa karena faktor genetik, bisa juga karena rambut rontok yang tak teratasi dengan baik. Rambut rontok pada dasarnya sangat normal terjadi, namun apabila rambut yang rontok berjumlah sangat banyak, maka hal tersebut dapat berujung pada kebotakan.

Oleh sebab itu, kita harus memperhatikan perawatan rambut kita dengan benar saat mulai muncul tanda-tanda rambut rontok yang cukup serius. Nah beauties, taukah kalian jika rambut rontok ternyata juga bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan sederhana yang kita lakukan sehari-hari? Ya, tanpa kita sadari beberapa kebiasaan dapat membuat rambut mengalami kerontokan yang serius.

Penasaran apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini!

  1. Keramas dengan menggunakan air hangat.
    Mandi menggunakan air hangat memang sangat nyaman, terutama saat cuaca dingin atau tubuh dalam keadaan lelah. Namun mandi menggunakan air hangat yang terlalu sering ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Air hangat dapat mengikis minyak alami pada kulit, sehingga kulit pun akan menjadi kering karena dehidrasi. Tak hanya itu, saat kita keramas dengan menggunakan air hangat, minyak pada kulit kepala kita juga akan terkikis, sama seperti minyak pada bagian kulit kita yang lain. Saat kadar minyak pada kulit kepala berkurang, maka pori-pori pada kulit kepala akan menjadi kering. Selanjutnya hal ini akan berdampak pada kerusakan akar rambut. Saat akar rambut menjadi rusak, batang rambut yang tumbuh pun akan menjadi kering dan rapuh. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering menggunakan air hangat saat keramas.

  2. Terlalu sering menggunakan hair dryer.
    Panas yang dihasilkan hair dryer pada dasarnya dapat merusak rambut. Sekalipun kita sudah menggunakan vitamin rambut sebelumnya, namun penggunakan hair dryer yang terlalu sering tetap akan merusak rambut. Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh hair dryer ini dapat merusak protein yang terdapat pada rambut sehingga kutikula rambut tak lagi terlindungi dengan baik. Kerusakan kutikula selanjutnya akan berdampak pada berkurangnya kelembaban kulit kepala dan juga rambut. Saat kelembaban berkurang, maka rambut pun akan semakin rentan mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, pastikan kalian selalu membatasi penggunaan hair dryer. Tak terbatas pada hair dryer saja, kalian juga harus membatasi penggunaan alat styling rambut lainnya yang menghasilkan panas seperti catok atau alat pengeriting rambut.

  3. Mengikat rambut terlalu kencang.
    Rambut yang diikat terlalu kencang akan membuat folikel rambut tertarik dengan kuat. Tarikan ini memberikan tekanan pada folikel rambut yang berpotensi merusak folikel tersebut. Saat folikel rambut pada bagian tertentu di kepala mengalami kerusakan secara permanen, maka rambut tak akan bisa tumbuh lagi pada bagian tersebut. Oleh sebab itu hindari mengikat rambut terlalu kencang atau terlalu sering.

Walaupun terlihat sangat sepele, ternyata ketiga kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk pada keindahan rambut kita. Kerontokan pada rambut harus dicegah sejak dini, karena jika kita membiarkannya terlalu lama, maka kita memerlukan perawatan ekstra untuk bisa memulihkannya kembali.

Selain meminimalisir ketiga kebiasaan tersebut di atas, kalian juga bisa mencegah kerontokan rambut dengan menggunakan shampoo dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut rontok. Formula dalam shampoo dan kondisioner tersebut akan memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit kepala dan juga rambut sehingga mampu mencegah terjadinya kerontokan rambut yang berlebih.



Baca juga
  »
1 Maret 2019
Tips Mudah Mengencangkan Dan Mencerahkan Wajah
Nah kali ini Dunia Kecantikan punya tips buat kalian untuk mencerahkan wajah sekaligus mengencangkan juga, caranya adalah dengan menggunakan masker. Ada beberapa bahan bisa kalian pakai untuk membuat masker wajah secara alami. Simak bahan apa saja yang digunakan dan cara menggunakannya yaa!!

  »
7 Februari 2019
Mau Siku Dan Lututmu Cerah Kembali? Gampang!
Pernahkah kalian merasa tidak percaya diri karena memiliki siku dan lutut yang hitam? Nah kali ini Dunia Kecantikan bakal kasih beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mencerahkan kembali siku dan lutut yang hitam. Check this out!

  »
4 Februari 2019
Yuk Kenali Manfaat Masker Alpukat!
Buah alpukat memang sangat ajaib untuk kecantikan, mulai dari melembabkan hingga meremajakan kulit, semuanya dapat dilakukan oleh buah berbiji besar ini. Berikut dunia kecantikan akan menjelaskan beberapa manfaat dari buah alpukat untuk kalian. Simak sampai habis ya beauties!

  »
1 Februari 2019
Tips Lembabkan Bibir Yang Kering Mengelupas
Bibir kering dan pecah-pecah sering mengganggu penampilan? untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah, terdapat beberapa tips yang dapat kita lakukan. Ingin tau apa saja? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini ya beauties!

  »
29 Januari 2019
Tips Mempertahankan Aroma Tubuh Tetap Wangi Seharian
Kalian sering kesal karena aroma parfum pada tubuh kalian cepat hilang? Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mempertahankan aroma tubuh tetap wangi sepanjang hari. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

  »
28 Januari 2019
Penyebab Kulit Kusam Yang Sering Tak Disadari
Wajah kusam dapat disebabkan oleh berbagai hal sederhana yang dekat dengan kita. Kalian ingin tau apa saja penyebab wajah kusam? Yuk simak ulasannya berikut ini!