3 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok Yang Dapat Berujung Pada Kebotakan

11 Januari 2019

Hai beauties!

Saat mulai memasuki usia 40 tahun-an, maka masalah rambut yang akan mengincar kita adalah kebotakan. Kebotakan bisa terjadi karena berbagai hal, bisa karena faktor genetik, bisa juga karena rambut rontok yang tak teratasi dengan baik. Rambut rontok pada dasarnya sangat normal terjadi, namun apabila rambut yang rontok berjumlah sangat banyak, maka hal tersebut dapat berujung pada kebotakan.

Oleh sebab itu, kita harus memperhatikan perawatan rambut kita dengan benar saat mulai muncul tanda-tanda rambut rontok yang cukup serius. Nah beauties, taukah kalian jika rambut rontok ternyata juga bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan sederhana yang kita lakukan sehari-hari? Ya, tanpa kita sadari beberapa kebiasaan dapat membuat rambut mengalami kerontokan yang serius.

Penasaran apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini!

  1. Keramas dengan menggunakan air hangat.
    Mandi menggunakan air hangat memang sangat nyaman, terutama saat cuaca dingin atau tubuh dalam keadaan lelah. Namun mandi menggunakan air hangat yang terlalu sering ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Air hangat dapat mengikis minyak alami pada kulit, sehingga kulit pun akan menjadi kering karena dehidrasi. Tak hanya itu, saat kita keramas dengan menggunakan air hangat, minyak pada kulit kepala kita juga akan terkikis, sama seperti minyak pada bagian kulit kita yang lain. Saat kadar minyak pada kulit kepala berkurang, maka pori-pori pada kulit kepala akan menjadi kering. Selanjutnya hal ini akan berdampak pada kerusakan akar rambut. Saat akar rambut menjadi rusak, batang rambut yang tumbuh pun akan menjadi kering dan rapuh. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering menggunakan air hangat saat keramas.

  2. Terlalu sering menggunakan hair dryer.
    Panas yang dihasilkan hair dryer pada dasarnya dapat merusak rambut. Sekalipun kita sudah menggunakan vitamin rambut sebelumnya, namun penggunakan hair dryer yang terlalu sering tetap akan merusak rambut. Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh hair dryer ini dapat merusak protein yang terdapat pada rambut sehingga kutikula rambut tak lagi terlindungi dengan baik. Kerusakan kutikula selanjutnya akan berdampak pada berkurangnya kelembaban kulit kepala dan juga rambut. Saat kelembaban berkurang, maka rambut pun akan semakin rentan mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, pastikan kalian selalu membatasi penggunaan hair dryer. Tak terbatas pada hair dryer saja, kalian juga harus membatasi penggunaan alat styling rambut lainnya yang menghasilkan panas seperti catok atau alat pengeriting rambut.

  3. Mengikat rambut terlalu kencang.
    Rambut yang diikat terlalu kencang akan membuat folikel rambut tertarik dengan kuat. Tarikan ini memberikan tekanan pada folikel rambut yang berpotensi merusak folikel tersebut. Saat folikel rambut pada bagian tertentu di kepala mengalami kerusakan secara permanen, maka rambut tak akan bisa tumbuh lagi pada bagian tersebut. Oleh sebab itu hindari mengikat rambut terlalu kencang atau terlalu sering.

Walaupun terlihat sangat sepele, ternyata ketiga kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk pada keindahan rambut kita. Kerontokan pada rambut harus dicegah sejak dini, karena jika kita membiarkannya terlalu lama, maka kita memerlukan perawatan ekstra untuk bisa memulihkannya kembali.

Selain meminimalisir ketiga kebiasaan tersebut di atas, kalian juga bisa mencegah kerontokan rambut dengan menggunakan shampoo dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut rontok. Formula dalam shampoo dan kondisioner tersebut akan memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit kepala dan juga rambut sehingga mampu mencegah terjadinya kerontokan rambut yang berlebih.



Baca juga
  »
18 Juni 2019
Jangan Khawatir Dengan Breakout!
Kalian pernah dengar istilah “breakout”? Breakout merupakan salah satu permasalah kulit wajah yang seringkali membuat stress para perempuan. Lalu apa itu breakout? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini!

  »
31 Mei 2019
Rambut Beruban Pada Wanita Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya
Rambut beruba merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap manusia, tapi jika rambut beruban tumbuh diusia yang terbilang masih sangat muda trntunya bukan hal yang normal kan? Jadi sebenarnya apa penyebab rambut hitam yang mengalami perubahan warna menjadi putih ?

  »
30 Mei 2019
Intip Kepribadian Wanita Berdasarkan Model Sepatu Favoritnya
Tahukah Anda, ternyata kepribadian wanita bisa dilihat dari model sepatu favoritnya, lho! Wanita cenderung memilih sepatu yang cocok dan membuat mereka merasa nyaman. Paling tidak, mereka akan cenderung memilih karakter sepatu yang pas dengan karakternya sendiri. Lalu bagaimana sih kepribadian wanita berdasarkan model sepatu favoritnya? Simak disini yuk!

  »
29 Mei 2019
Berolahraga Saat Perut Kosong? Ini Bahayanya!
Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong jauh lebih baik, karena akan mempermudah penurunan berat badan. Namun sebagian yang lain beranggapan bahwa jika perut kosong maka ketika terjadi pembakaran energi saat berolahraga, tubuh akan menjadi cepat lemas. Lalu, manakah yang benar?

  »
28 Mei 2019
7 Fakta Mengejutkan Tentang Fashion Yang Anda Wajib Tahu
Berbagai model fashion mengalami perkembangan dan perubahan dari tahun ke tahun. Bukan hanya untuk alasan penampilan, namun perkembangan tersebut juga dimaksudkan untuk mengikuti perubahan jaman. Dalam perjalanan sejarah, fashion yang kita kenakan sekarang ini ternyata diciptakan dengan alasan yang mungkin tidak pernah Anda kira. Yuk simak 7 fakta mengejutkan tentang fashion yang Anda wajib tahu berikut ini.

  »
27 Mei 2019
6 Kesalahan Mengatasi Jerawat Yang Bikin Tambah Parah
 Jerawat memang mengganggu, selain rasanya nyeri dan gatal, penampilan juga menjadi tidak sempurna. Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami kulit berjerawat, berbagai cara pastinya sudah Anda lakukan, bukan? Mulai dari cara alami sampai dengan perawatan ke salon-salon langganan. Tapi bukannya menjadi sembuh, kok jerawat bertambah parah ya? Jika keadaannya demikian, jangan-jangan Anda sudah melakukan beberapa kesalahan yang membuat jerawat semakin meradang. Apa saja kesalahan itu? Simak 6 kesalahan mengatasi jerawat berikut ini yuk.