3 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok Yang Dapat Berujung Pada Kebotakan

11 Januari 2019

Hai beauties!

Saat mulai memasuki usia 40 tahun-an, maka masalah rambut yang akan mengincar kita adalah kebotakan. Kebotakan bisa terjadi karena berbagai hal, bisa karena faktor genetik, bisa juga karena rambut rontok yang tak teratasi dengan baik. Rambut rontok pada dasarnya sangat normal terjadi, namun apabila rambut yang rontok berjumlah sangat banyak, maka hal tersebut dapat berujung pada kebotakan.

Oleh sebab itu, kita harus memperhatikan perawatan rambut kita dengan benar saat mulai muncul tanda-tanda rambut rontok yang cukup serius. Nah beauties, taukah kalian jika rambut rontok ternyata juga bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan sederhana yang kita lakukan sehari-hari? Ya, tanpa kita sadari beberapa kebiasaan dapat membuat rambut mengalami kerontokan yang serius.

Penasaran apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini!

  1. Keramas dengan menggunakan air hangat.
    Mandi menggunakan air hangat memang sangat nyaman, terutama saat cuaca dingin atau tubuh dalam keadaan lelah. Namun mandi menggunakan air hangat yang terlalu sering ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Air hangat dapat mengikis minyak alami pada kulit, sehingga kulit pun akan menjadi kering karena dehidrasi. Tak hanya itu, saat kita keramas dengan menggunakan air hangat, minyak pada kulit kepala kita juga akan terkikis, sama seperti minyak pada bagian kulit kita yang lain. Saat kadar minyak pada kulit kepala berkurang, maka pori-pori pada kulit kepala akan menjadi kering. Selanjutnya hal ini akan berdampak pada kerusakan akar rambut. Saat akar rambut menjadi rusak, batang rambut yang tumbuh pun akan menjadi kering dan rapuh. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering menggunakan air hangat saat keramas.

  2. Terlalu sering menggunakan hair dryer.
    Panas yang dihasilkan hair dryer pada dasarnya dapat merusak rambut. Sekalipun kita sudah menggunakan vitamin rambut sebelumnya, namun penggunakan hair dryer yang terlalu sering tetap akan merusak rambut. Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh hair dryer ini dapat merusak protein yang terdapat pada rambut sehingga kutikula rambut tak lagi terlindungi dengan baik. Kerusakan kutikula selanjutnya akan berdampak pada berkurangnya kelembaban kulit kepala dan juga rambut. Saat kelembaban berkurang, maka rambut pun akan semakin rentan mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, pastikan kalian selalu membatasi penggunaan hair dryer. Tak terbatas pada hair dryer saja, kalian juga harus membatasi penggunaan alat styling rambut lainnya yang menghasilkan panas seperti catok atau alat pengeriting rambut.

  3. Mengikat rambut terlalu kencang.
    Rambut yang diikat terlalu kencang akan membuat folikel rambut tertarik dengan kuat. Tarikan ini memberikan tekanan pada folikel rambut yang berpotensi merusak folikel tersebut. Saat folikel rambut pada bagian tertentu di kepala mengalami kerusakan secara permanen, maka rambut tak akan bisa tumbuh lagi pada bagian tersebut. Oleh sebab itu hindari mengikat rambut terlalu kencang atau terlalu sering.

Walaupun terlihat sangat sepele, ternyata ketiga kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk pada keindahan rambut kita. Kerontokan pada rambut harus dicegah sejak dini, karena jika kita membiarkannya terlalu lama, maka kita memerlukan perawatan ekstra untuk bisa memulihkannya kembali.

Selain meminimalisir ketiga kebiasaan tersebut di atas, kalian juga bisa mencegah kerontokan rambut dengan menggunakan shampoo dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut rontok. Formula dalam shampoo dan kondisioner tersebut akan memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit kepala dan juga rambut sehingga mampu mencegah terjadinya kerontokan rambut yang berlebih.



Baca juga
  »
23 Januari 2019
Tak Hanya Sebagai Bahan Baku Jamu, Kencur Ternyata Bisa Bikin Cantik
Apakah kalian familier dengan kencur? Nah, kencur ini, selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, ternyata juga memiliki manfaat yang baik pula untuk kecantikan. Mau tau apa aja manfaatnya? Simak artikel kita berikut ini!

  »
23 Januari 2019
Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kecantikan
Tau belimbing wuluh kan? Belimbing wuluh ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kecantikan loh beauties, mulai dari menghaluskan kulit hingga menyembuhkan panu. Pengen tau apa aja manfaat lainnya? Yuk simak artikel Dunia Kecantikan berikut ini!

  »
22 Januari 2019
Manfaat Susu Kedelai Bagi Kecantikan Yang Banyak Diketahui
Untuk kalian para perempuan, konsumsi susu kedelai secara rutin ternyata memiliki manfaat tersendiri loh, yakni untuk kecantikan. Kira-kira apa saja ya manfaat konsumsi susu kedelai bagi kecantikan? Berikut dunia kecantikan merangkumnya untuk kalian!

  »
22 Januari 2019
Lavender Oil Untuk Kecantikan Perempuan Masa Kini
Lavender oil memiliki banyak manfaat untuk kecantikan loh beauties. Terdapat setidaknya lima manfaat lavender oil untuk kecantikan. Selengkapnya, baca ulasan berikut ini yaa!

  »
21 Januari 2019
3 Bunga Ini Mudah Ditemukan Dan Bermanfaat Untuk Kecantikan
Merawat kecantikan dengan menggunakan buah-buahan sudah menjadi hal yang sangat umum. Namun bagaimana dengan merawat kecantikan menggunakan bunga? Mau tau bunga apa saja yang bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan? Check it out!

  »
21 Januari 2019
Hair Oil Alami Yang Ampuh Atasi Masalah Rambut
Punya masalah rambut? Hair oil bisa menjadi solusi bagi masalah rambut kalian lho. Agar tak salah memilih hair oil, pastikan kalian mengetahui terlebih dahulu manfaat dari setiap hair oil. Dunia Kecantikan akan memberikan informasi seputar macam-macam hair oil dan kegunaannya bagi rambut. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini!