Tak Ada Waktu Ke Salon? Menicure Pedicure Di Rumah Yuk!

6 Mei 2019

Salon Kuku

Melihat kuku kaki dan tangan yang cantik dan terawat pasti menyenangkan, bukan? Tetapi seringkali karena kesibukan, Anda tak punya banyak waktu untuk melakukan menicure dan pedicure ke salon. Padahal, menicure dan pedicure bukan hanya untuk mempercantik tampilan tangan dan kaki, tetapi juga mencegah berbagai penyakit kuku dan masalah pada kulit tangan dan kaki Anda.

Melakukan menicure dan pedicure tidak harus ke salon kok, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mempelajari langkah-langkahnya serta menyiapkan berbagai alat yang diperlukan. Tidak membutuhkan waktu lama atau pengetahuan mendalam mengenai kuku dan kulit. Cukup sediakan waktu senggang 1 – 2 jam di akhir pekan untuk melakukan perawatan sederhana ini.

Siap memulainya? Yuk, kita ikuti langkah-langkahnya :

1. Bersihkan cat kuku
Sebelum mulai, bersihkan dulu cat kuku Anda dengan menggunakan cairan pembersih kuku. Agar proses menicure pedicure berjalan lancar, pastikan kuku Anda bersih sempurna ya. Kemudian untuk cairan pembersih, pilihlah jenis cairan pembersih yang mengandung bahan yang tidak merusak lapisan kutikula kuku. Sehingga akan memberikan tampilan kuku yang bersih sekaligus sehat.


2. Rendam dengan air hangat
Setelah cat kuku Anda benar-benar bersih, rendamlah tangan dan kaki dalam baskom yang berisi air hangat. Anda bisa mencampur air hangat dengan minyak zaitun atau minyak esensial yang fungsinya untuk mengurangi rasa lelah dan menjaga kelembaban kulit. Rendamlah dalam baskom selama kurang lebih 15 – 20 menit.


3. Bersihkan dengan scrub
Setelah proses perendaman selesai, lap kuku menggunakan handuk bersih. Kemudian bersihkan kutikula kuku dengan alat pembersih kutikula. Selanjutnya gosok kaki dengan batu apung untuk melembutkan kulit-kulit kaki yang mengeras. Lakukan secara perlahan-lahan agar kulit kaki tidak terluka.
Setelahnya rendam kembali tangan dan kaki Anda dalam air dingin selama 5 menit. Lalu gosok dengan lembut menggunakan body scrub. Scrub dapat menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus melembutkan tangan dan kaki Anda seperti semula. Terakhir bilas dengan air hangat agar kulit Anda menjadi kenyal kembali.

4. Lembabkan dengan handuk
Sampai disini, proses menicure pedicure yang utama sudah hampir selesai. Selanjutnya lembabkan kaki dan tangan Anda menggunakan handuk hangat sembari membersihkan bekas-bekas scrub yang mungkin masih menempel. Setelah handuk hangat, lanjutkan dengan handuk kering. Pilih bahan handuk yang lembut, cepat kering dan mudah menyerap air.


5. Gunakan cat kuku favorit
Sekarang saatnya Anda menggunakan cat kuku favorit! Oleskan cat kuku dengan hati-hati. Sebaiknya buatlah dua lapisan cat agar terlihat lebih sempurna. Tapi ingat, pastikan lapisan pertama sudah kering terlebih dahulu sebelum Anda membubuhkan lapisan kedua. Ini dimaksudkan agar cat kuku tidak bertumpuk dan merusak tampilan kuku Anda.
Jika Anda ingin terlihat lebih alami, pilih warna cat kuku sesuai warna kulit. Untuk yang berkulit putih atau cenderung terang, warna apa saja umumnya akan terlihat cocok. Namun bagi Anda yang berkulit gelap dan sawo matang, pilih warna cenderung gelap seperti maroon, hitam atau cokelat tua.


Nah, proses menicure pedicure sekarang sudah selesai. Menurut Anda bagaimana? Mudah bukan? Kalau Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan baik, pasti semuanya akan berjalan lancar dan menyenangkan. Bagi Anda yang suka memakai cat kuku sehari-hari, lakukan perawatan ini dua kali dalam sebulan ya, agar kondisi kesehatan kuku Anda tetap terjaga.
Siapa bilang menicure pedicure harus dilakukan di salon?



Baca juga
  »
18 Juni 2019
Jangan Khawatir Dengan Breakout!
Kalian pernah dengar istilah “breakout”? Breakout merupakan salah satu permasalah kulit wajah yang seringkali membuat stress para perempuan. Lalu apa itu breakout? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini!

  »
31 Mei 2019
Rambut Beruban Pada Wanita Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya
Rambut beruba merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap manusia, tapi jika rambut beruban tumbuh diusia yang terbilang masih sangat muda trntunya bukan hal yang normal kan? Jadi sebenarnya apa penyebab rambut hitam yang mengalami perubahan warna menjadi putih ?

  »
30 Mei 2019
Intip Kepribadian Wanita Berdasarkan Model Sepatu Favoritnya
Tahukah Anda, ternyata kepribadian wanita bisa dilihat dari model sepatu favoritnya, lho! Wanita cenderung memilih sepatu yang cocok dan membuat mereka merasa nyaman. Paling tidak, mereka akan cenderung memilih karakter sepatu yang pas dengan karakternya sendiri. Lalu bagaimana sih kepribadian wanita berdasarkan model sepatu favoritnya? Simak disini yuk!

  »
29 Mei 2019
Berolahraga Saat Perut Kosong? Ini Bahayanya!
Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong jauh lebih baik, karena akan mempermudah penurunan berat badan. Namun sebagian yang lain beranggapan bahwa jika perut kosong maka ketika terjadi pembakaran energi saat berolahraga, tubuh akan menjadi cepat lemas. Lalu, manakah yang benar?

  »
28 Mei 2019
7 Fakta Mengejutkan Tentang Fashion Yang Anda Wajib Tahu
Berbagai model fashion mengalami perkembangan dan perubahan dari tahun ke tahun. Bukan hanya untuk alasan penampilan, namun perkembangan tersebut juga dimaksudkan untuk mengikuti perubahan jaman. Dalam perjalanan sejarah, fashion yang kita kenakan sekarang ini ternyata diciptakan dengan alasan yang mungkin tidak pernah Anda kira. Yuk simak 7 fakta mengejutkan tentang fashion yang Anda wajib tahu berikut ini.

  »
27 Mei 2019
6 Kesalahan Mengatasi Jerawat Yang Bikin Tambah Parah
 Jerawat memang mengganggu, selain rasanya nyeri dan gatal, penampilan juga menjadi tidak sempurna. Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami kulit berjerawat, berbagai cara pastinya sudah Anda lakukan, bukan? Mulai dari cara alami sampai dengan perawatan ke salon-salon langganan. Tapi bukannya menjadi sembuh, kok jerawat bertambah parah ya? Jika keadaannya demikian, jangan-jangan Anda sudah melakukan beberapa kesalahan yang membuat jerawat semakin meradang. Apa saja kesalahan itu? Simak 6 kesalahan mengatasi jerawat berikut ini yuk.