Cantik Dengan Terapi Sengat Lebah, Berani Coba?

18 Mei 2019

Terapi Sengat Lebah

Apa bayanganmu mendengar kalimat terapi sengat lebah? Pasti yang terbayang rasa ngeri karena sakit akibat sengatan. Meski banyak yang menggunakan terapi ini termasuk beberapa selebriti terkenal, nyatanya terapi sengat lebah masih menimbulkan pro dan kontra karena efek sampingnya membuat wajah bengkak sesaat.

Terapi sengat lebah atau apitherapy awalnya adalah pengobatan penyakit dengan sengatan lebah atau produk yang dihasilkan lebah seperti madu, racun lebah (venom), susu lebah (royal jelly), liur lebah (propolis) hingga benang sari bunga (pollen) yang dibawa oleh lebah. Seiring perkembangan, terapi sengat lebah juga digunakan untuk menjaga kecantikan wanita.

Lalu apa sih khasiat terapi sengat lebah ini?

  • Membasmi jerawat

Menurut ahli apitherapy, Wima M. Harsono, Akp, salah satu manfaatnya untuk kecantikan adalah membasmi jerawat. Penanganan yang dilakukan pun berbeda, jika jerawat hanya karena faktor hormonal dan tidak terlalu parah biasanya hanya diobati dengan madu ditambah royal jelly tidak perlu adanya sengatan. Namun jika jerawat cukup parah dan bersifat patologis (keluar nanah) maka dibutuhkan sengatan untuk mematikan bakteri dalam bintik merah tersebut.

  • Menghilangkan kerutan

Terapi sengat lebah juga bisa menghilangkan kerutan. Hal ini disebabkan racun lebah atau bee venom diakui dapat mengencangkan kulit. Untuk perawatan bisa dilakukan dengan pemberian krim atau terapi sengat tergantung dari kondisi kerutan yang ada.

Sengat lebah untuk menghilangkan kerutan adalah perawatan andalan selebriti papan atas dunia, Gwyneth Paltrow. Diakuinya bahwa racun yang dihasilkan dari sengatan lebah ini dapat membantu produksi kolagen dan elastisitas kulit.

  • Menghaluskan kulit

Tak harus dilakukan terapi sengat, pemberian produk dari lebah juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Madu seringkali dipakai untuk menghaluskan kulit sedangkan pollen umumnya digunakan untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat.

  • Mengecilkan pori

Pori-pori wajah yang lebar dapat menyebabkan wajah sering berjerawat dan kusam. Produk dari racun lebah atau venom dipercaya dapat mengecilkan pori-pori kulit. Meski perawatan kecantikan dengan racun lebah atau venom ini cukup tinggi, nyatanya banyak juga yang berminat untuk melakukan perawatan dengan mengecilkan pori-pori kulit wajahnya.

Di Indonesia perawatan dengan terapi lebah masih menimbulkan pro dan kontra. Karena sebagian orang masih takut dengan rasa sakit atau bengkak yang dialaminya. Menurut Wima, rasa sakit dan bengkak saat pertama kali sengat lebah adalah proses wajar dalam pengobatannya. Rasa sakit itu pun diklaim tidak berbahaya dan berkepanjangan alias sementara saja.

Jika bermasalah dengan bengkak yang dialami, menurut Wima yang berpraktek di kawasan Klender, Jakarta Timur ini, cukup dikompres dengan air hangat saja. Bengkak pun akan hilang dalam hitungan jam.

Sementara itu, menurut dr Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin RSCM, terapi kecantikan berupa sengat lebah ini belum diuji secara ilmiah sehingga belum bisa dipastikan tingkat keamanannya. Dijelaskannya racun dari sengatan lebah juga merupakan racun asam yang dapat menimbulkan reaksi radang dan belum ada artikel yang dipercaya secara ilmiah tentang racun tersebut yang dapat diolah sehingga bermanfaat bagi kulit.

Bagaimana? Cukup mengerikan juga ya. Melihat khasiat dan efek dari sengatan, tertarikkah Anda untuk mencoba?



Baca juga
  »
18 Juni 2019
Jangan Khawatir Dengan Breakout!
Kalian pernah dengar istilah “breakout”? Breakout merupakan salah satu permasalah kulit wajah yang seringkali membuat stress para perempuan. Lalu apa itu breakout? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini!

  »
31 Mei 2019
Rambut Beruban Pada Wanita Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya
Rambut beruba merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap manusia, tapi jika rambut beruban tumbuh diusia yang terbilang masih sangat muda trntunya bukan hal yang normal kan? Jadi sebenarnya apa penyebab rambut hitam yang mengalami perubahan warna menjadi putih ?

  »
30 Mei 2019
Intip Kepribadian Wanita Berdasarkan Model Sepatu Favoritnya
Tahukah Anda, ternyata kepribadian wanita bisa dilihat dari model sepatu favoritnya, lho! Wanita cenderung memilih sepatu yang cocok dan membuat mereka merasa nyaman. Paling tidak, mereka akan cenderung memilih karakter sepatu yang pas dengan karakternya sendiri. Lalu bagaimana sih kepribadian wanita berdasarkan model sepatu favoritnya? Simak disini yuk!

  »
29 Mei 2019
Berolahraga Saat Perut Kosong? Ini Bahayanya!
Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong jauh lebih baik, karena akan mempermudah penurunan berat badan. Namun sebagian yang lain beranggapan bahwa jika perut kosong maka ketika terjadi pembakaran energi saat berolahraga, tubuh akan menjadi cepat lemas. Lalu, manakah yang benar?

  »
28 Mei 2019
7 Fakta Mengejutkan Tentang Fashion Yang Anda Wajib Tahu
Berbagai model fashion mengalami perkembangan dan perubahan dari tahun ke tahun. Bukan hanya untuk alasan penampilan, namun perkembangan tersebut juga dimaksudkan untuk mengikuti perubahan jaman. Dalam perjalanan sejarah, fashion yang kita kenakan sekarang ini ternyata diciptakan dengan alasan yang mungkin tidak pernah Anda kira. Yuk simak 7 fakta mengejutkan tentang fashion yang Anda wajib tahu berikut ini.

  »
27 Mei 2019
6 Kesalahan Mengatasi Jerawat Yang Bikin Tambah Parah
 Jerawat memang mengganggu, selain rasanya nyeri dan gatal, penampilan juga menjadi tidak sempurna. Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami kulit berjerawat, berbagai cara pastinya sudah Anda lakukan, bukan? Mulai dari cara alami sampai dengan perawatan ke salon-salon langganan. Tapi bukannya menjadi sembuh, kok jerawat bertambah parah ya? Jika keadaannya demikian, jangan-jangan Anda sudah melakukan beberapa kesalahan yang membuat jerawat semakin meradang. Apa saja kesalahan itu? Simak 6 kesalahan mengatasi jerawat berikut ini yuk.