Mengenal Diet Karbohidrat Dan Manfaatnya

22 Mei 2019

Diet Karbohidrat

        Saat ini banyak sekali bermunculan cara-cara untuk menurunkan berat badan atau diet, dan salah satu cara yang sedang populer adalah diet karbohidrat. Sebagian orang mengaku berhasil menurunkan berat badannya hingga ke batas ideal, namun beberapa ahli mengatakan bahwa diet karbohidrat justru mengacaukan sistem metabolisme. Mana yang benar?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai diet karbohidrat dan manfaatnya, Anda harus tahu pengertian diet karbohidrat itu sendiri.

Diet karbohidrat adalah membatasi atau mengurangi jumlah asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi antara lain nasi, kentang, roti dan mie. Sayangnya, jenis makanan tersebut sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai sumber energi. Padahal karbohidrat mengandung gula dan jika tidak dibatasi, tubuh akan mencerna gula terlalu banyak, dimana gula akan ditimbun menjadi lemak yang bisa menyebabkan obesitas bahkan berpotensi menimbulkan penyakit diabetes.

Diabetes seringkali disebut sebagai pembunuh diam-diam karena biasanya baru terdeteksi setelah penyakitnya berkembang menjadi komplikasi. Bahkan di Indonesia sendiri, jumlah penderita diabetes terus meningkat secara tajam dari tahun ke tahun. Kondisi yang memprihatinkan ini dipicu oleh gaya hidup serta pola makan masyarakat yang tanpa sadar telah mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

Diet rendah karbohidrat ternyata masih menimbulkan pro dan kontra. Sebagian orang setuju karena efektif dalam penurunan berat badan, namun para ahli menyatakan bahwa diet karbohidrat dapat mengacaukan sistem metabolisme.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari kedua pernyataan tersebut. Diet karbohidrat memang sangat efektif dalam penurunan berat badan setidaknya dalam semester pertama. Penurunan berat badan pun bisa mencapai 10 kg dalam masa dietnya. Namun di bulan berikut, berat badan justru bertambah. Sehingga bisa disimpulkan, diet karbohidrat sebaiknya dilakukan di awal-awal saja untuk mendapatkan berat badan ideal.

Untuk jangka panjang, diet karbohidrat tidak dianjurkan. Diet karbohidrat dalam jangka panjang dapat mengacaukan metabolisme karena kekurangan suplai karbohidrat. Sebaiknya untuk jangka panjang tetaplah mengonsumsi menu seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein dan vitamin tetapi tidak berlebihan.

Manfaat diet karbohidrat

Manfaat diet Karbohidrat

Selain untuk menurunkan berat badan, diet karbohidrat juga mampu mengurangi resiko terserang berbagai penyakit sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Namun untuk mencapai hasil maksimal, tetap dibutuhkan kedisiplinan dalam menjaga pola makan dan gaya hidup sehat sehari-hari.

Resiko diet karbohidrat

Meski memiliki manfaat, ternyata diet karbohidrat juga memiliki beberapa resiko antara lain sakit kepala, sembelit, letih dan lesu. Pada beberapa kasus bahkan terdeteksi gejala ketosis yaitu gangguan kesehatan karena kekurangan karbohidrat dan gula sebagai penghasil energi. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli sebelum melakukan diet karbohidrat ini agar resiko yang ditimbulkan bisa diminimalisir.

Cara diet karbohidrat

Nah, jika Anda menginginkan diet karbohidrat dalam waktu singkat untuk mengembalikan berat badan ideal, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Patuhi target yang ingin Anda capai. Jika telah mencapai target yang diinginkan, segera ubah diet karbohidrat menjadi diet gizi seimbang untuk menjaga kestabilan berat badan.

2. Hindari beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, mie dan roti. Gantilah nasi putih dengan nasi merah misalnya.

3. Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti permen, gula dan lainnya. Hindari juga makanan berpemanis buatan.

4. Konsumsi makanan berprotein tinggi seperti ikan, telur, kedelai, daging sebagai pengganti nasi. Lalu kombinasikan dengan sayur dan buah-buahan.

5. Hindari makanan yang digoreng. Sebaiknya konsumsi makanan yang dikukus atau direbus saja untuk mengurangi kadar lemak dan kolesterol.

Itulah uraian tentang diet karbohidrat dan manfaatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.



Baca juga
  »
23 Juli 2019
SEBELUM TERLAMBAT CEGAH KERIPUT DIWAJAHMU SEKARANG JUGA !
Salah satu efek dari penuaan adalah kerutan pada wajah. Kerutan pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri karena penampilan yang tidak menarik. Kerutan mungkin tidak bisa dihindari sama sekali, tetapi mencegah agar tidak timbul kerutan dini wajib dilakukan.Kerutan bisa terjadi karena berkurangnya jumlah dan fungsi serat kolagen dan elastin yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi kenyal.

  »
22 Juli 2019
PENYEBAB JERAWAT YANG PERLU DIKETAHUI UNTUK MENEMUKAN SOLUSI
Kebanyakan orang lebih berfokus pada perawatan wajah berjerawat tanpa mencari tahu terlebih dahulu faktor penyebabnya. Padahal, dengan mengetahui penyebab jerawat, kita bisa menentukan perawatan yang lebih tepat dan efektif bagi jerawat itu sendiri.

  »
12 Juli 2019
RAMUAN MASKER BERBAHAN DASAR SODA KUE YANG AMPUH BASMI JERAWAT
banyak orang telah meramu soda kue menjadi ramuan yang ampuh dalam merawat kecantikan kulit, salah satunya adalah untuk menangani masalah jerawat.

  »
9 Juli 2019
DIY MASKER 100% ALAMI
salah satu produk perawatan kecantikan yang mulai digemari masyarakat adalah masker wajah. Berbagai masker wajah keluaran brand-brand ternama mulai merajai pasar kosmetika. Masker yang mengklaim dirinya sebagai masker berbahan dasar alami dan aman bagi kulit ini nyatanya sempat booming dan menjadi tren di kalangan perempuan.

  »
5 Juli 2019
BERBAGAI TREATMENT UNTUK MENGHILANGKAN BULU KAKI – DARI MANUAL HINGGA BERTEKNOLOGI
Pada umumnya, perempuan lebih menyukai kaki yang bersih dari bulu sehingga terlihat lebih halus dan indah. Begitu pula kaum lelaki, mereka lebih menyukai kaki yang jenjang dan bersih dari bulu

  »
3 Juli 2019
PENYEBAB DAN CARA MENGATASI FLEK HITAM
Flek hitam adalah bintik-bintik gelap yang muncul pada permukaan kulit. Bintik-bintik gelap ini pada umumnya berbentuk datar, alias tidak menonjol ke permukaan kulit. Walaupun disebut sebagai flek hitam