Mengenal Diet Karbohidrat Dan Manfaatnya

22 Mei 2019

Diet Karbohidrat

        Saat ini banyak sekali bermunculan cara-cara untuk menurunkan berat badan atau diet, dan salah satu cara yang sedang populer adalah diet karbohidrat. Sebagian orang mengaku berhasil menurunkan berat badannya hingga ke batas ideal, namun beberapa ahli mengatakan bahwa diet karbohidrat justru mengacaukan sistem metabolisme. Mana yang benar?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai diet karbohidrat dan manfaatnya, Anda harus tahu pengertian diet karbohidrat itu sendiri.

Diet karbohidrat adalah membatasi atau mengurangi jumlah asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi antara lain nasi, kentang, roti dan mie. Sayangnya, jenis makanan tersebut sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai sumber energi. Padahal karbohidrat mengandung gula dan jika tidak dibatasi, tubuh akan mencerna gula terlalu banyak, dimana gula akan ditimbun menjadi lemak yang bisa menyebabkan obesitas bahkan berpotensi menimbulkan penyakit diabetes.

Diabetes seringkali disebut sebagai pembunuh diam-diam karena biasanya baru terdeteksi setelah penyakitnya berkembang menjadi komplikasi. Bahkan di Indonesia sendiri, jumlah penderita diabetes terus meningkat secara tajam dari tahun ke tahun. Kondisi yang memprihatinkan ini dipicu oleh gaya hidup serta pola makan masyarakat yang tanpa sadar telah mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

Diet rendah karbohidrat ternyata masih menimbulkan pro dan kontra. Sebagian orang setuju karena efektif dalam penurunan berat badan, namun para ahli menyatakan bahwa diet karbohidrat dapat mengacaukan sistem metabolisme.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari kedua pernyataan tersebut. Diet karbohidrat memang sangat efektif dalam penurunan berat badan setidaknya dalam semester pertama. Penurunan berat badan pun bisa mencapai 10 kg dalam masa dietnya. Namun di bulan berikut, berat badan justru bertambah. Sehingga bisa disimpulkan, diet karbohidrat sebaiknya dilakukan di awal-awal saja untuk mendapatkan berat badan ideal.

Untuk jangka panjang, diet karbohidrat tidak dianjurkan. Diet karbohidrat dalam jangka panjang dapat mengacaukan metabolisme karena kekurangan suplai karbohidrat. Sebaiknya untuk jangka panjang tetaplah mengonsumsi menu seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein dan vitamin tetapi tidak berlebihan.

Manfaat diet karbohidrat

Manfaat diet Karbohidrat

Selain untuk menurunkan berat badan, diet karbohidrat juga mampu mengurangi resiko terserang berbagai penyakit sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Namun untuk mencapai hasil maksimal, tetap dibutuhkan kedisiplinan dalam menjaga pola makan dan gaya hidup sehat sehari-hari.

Resiko diet karbohidrat

Meski memiliki manfaat, ternyata diet karbohidrat juga memiliki beberapa resiko antara lain sakit kepala, sembelit, letih dan lesu. Pada beberapa kasus bahkan terdeteksi gejala ketosis yaitu gangguan kesehatan karena kekurangan karbohidrat dan gula sebagai penghasil energi. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli sebelum melakukan diet karbohidrat ini agar resiko yang ditimbulkan bisa diminimalisir.

Cara diet karbohidrat

Nah, jika Anda menginginkan diet karbohidrat dalam waktu singkat untuk mengembalikan berat badan ideal, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Patuhi target yang ingin Anda capai. Jika telah mencapai target yang diinginkan, segera ubah diet karbohidrat menjadi diet gizi seimbang untuk menjaga kestabilan berat badan.

2. Hindari beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, mie dan roti. Gantilah nasi putih dengan nasi merah misalnya.

3. Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti permen, gula dan lainnya. Hindari juga makanan berpemanis buatan.

4. Konsumsi makanan berprotein tinggi seperti ikan, telur, kedelai, daging sebagai pengganti nasi. Lalu kombinasikan dengan sayur dan buah-buahan.

5. Hindari makanan yang digoreng. Sebaiknya konsumsi makanan yang dikukus atau direbus saja untuk mengurangi kadar lemak dan kolesterol.

Itulah uraian tentang diet karbohidrat dan manfaatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.



Baca juga
  »
18 Juni 2019
Jangan Khawatir Dengan Breakout!
Kalian pernah dengar istilah “breakout”? Breakout merupakan salah satu permasalah kulit wajah yang seringkali membuat stress para perempuan. Lalu apa itu breakout? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini!

  »
31 Mei 2019
Rambut Beruban Pada Wanita Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya
Rambut beruba merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap manusia, tapi jika rambut beruban tumbuh diusia yang terbilang masih sangat muda trntunya bukan hal yang normal kan? Jadi sebenarnya apa penyebab rambut hitam yang mengalami perubahan warna menjadi putih ?

  »
30 Mei 2019
Intip Kepribadian Wanita Berdasarkan Model Sepatu Favoritnya
Tahukah Anda, ternyata kepribadian wanita bisa dilihat dari model sepatu favoritnya, lho! Wanita cenderung memilih sepatu yang cocok dan membuat mereka merasa nyaman. Paling tidak, mereka akan cenderung memilih karakter sepatu yang pas dengan karakternya sendiri. Lalu bagaimana sih kepribadian wanita berdasarkan model sepatu favoritnya? Simak disini yuk!

  »
29 Mei 2019
Berolahraga Saat Perut Kosong? Ini Bahayanya!
Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong jauh lebih baik, karena akan mempermudah penurunan berat badan. Namun sebagian yang lain beranggapan bahwa jika perut kosong maka ketika terjadi pembakaran energi saat berolahraga, tubuh akan menjadi cepat lemas. Lalu, manakah yang benar?

  »
28 Mei 2019
7 Fakta Mengejutkan Tentang Fashion Yang Anda Wajib Tahu
Berbagai model fashion mengalami perkembangan dan perubahan dari tahun ke tahun. Bukan hanya untuk alasan penampilan, namun perkembangan tersebut juga dimaksudkan untuk mengikuti perubahan jaman. Dalam perjalanan sejarah, fashion yang kita kenakan sekarang ini ternyata diciptakan dengan alasan yang mungkin tidak pernah Anda kira. Yuk simak 7 fakta mengejutkan tentang fashion yang Anda wajib tahu berikut ini.

  »
27 Mei 2019
6 Kesalahan Mengatasi Jerawat Yang Bikin Tambah Parah
 Jerawat memang mengganggu, selain rasanya nyeri dan gatal, penampilan juga menjadi tidak sempurna. Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami kulit berjerawat, berbagai cara pastinya sudah Anda lakukan, bukan? Mulai dari cara alami sampai dengan perawatan ke salon-salon langganan. Tapi bukannya menjadi sembuh, kok jerawat bertambah parah ya? Jika keadaannya demikian, jangan-jangan Anda sudah melakukan beberapa kesalahan yang membuat jerawat semakin meradang. Apa saja kesalahan itu? Simak 6 kesalahan mengatasi jerawat berikut ini yuk.