6 Kesalahan Mengatasi Jerawat Yang Bikin Tambah Parah

27 Mei 2019

kesalahan dalam menyembuhkan jerawat

           Jerawat memang mengganggu, selain rasanya nyeri dan gatal, penampilan juga menjadi tidak sempurna. Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami kulit berjerawat, berbagai cara pastinya sudah Anda lakukan, bukan? Mulai dari cara alami sampai dengan perawatan ke salon-salon langganan. Tapi bukannya menjadi sembuh, kok jerawat bertambah parah ya?

Jika keadaannya demikian, jangan-jangan Anda sudah melakukan beberapa kesalahan yang membuat jerawat semakin meradang. Apa saja kesalahan itu? Simak 6 kesalahan mengatasi jerawat berikut ini yuk.

1. Memencet jerawat

Rasa gatal seringkali membuat Anda tak tahan ingin menekan dan memencet jerawat. Mungkin saat itu Anda merasa yakin, jika isi jerawat berhasil dikeluarkan, maka jerawat akan mengecil dan mengering dengan sendirinya. Padahal menekan dan memencet jerawat, justru menyebabkan jerawat meradang atau bertambah banyak bahkan meningkatkan resiko menimbulkan bekas pada kulit.

2. Mencoba terlalu banyak produk penghilang jerawat sekaligus

Banyak orang terlalu cepat berganti produk penghilang jerawat begitu merasa tidak cocok, padahal produk tersebut baru saja dipakai kurang dari seminggu. Sebagian orang lain justru menggunakan banyak produk sekaligus dengan harapan jerawat akan cepat lenyap. Padahal justru dengan menggunakan banyak produk secara bersamaan, kulit bisa menjadi iritasi dan jerawat semakin parah. Apakah Anda pernah melakukan ini?

3. Sering mencuci muka

Mencuci muka untuk melindungi jerawat dari debu dan kotoran memang baik, namun terlalu sering mencuci muka justru akan menimbulkan masalah pada jerawat Anda. Sebaiknya, cuci muka dengan hati-hati menggunakan pembersih wajah yang lembut dan PH seimbang minimal 3 kali sehari untuk mengurangi radang dan kelebihan minyak di wajah.

4. Menghentikan perawatan sebelum waktunya

Reaksi kulit terhadap obat jerawat berbeda-beda, namun umumnya kulit memerlukan waktu dalam bereaksi dan ini yang seringkali membuat banyak orang tidak sabar menunggunya. Seorang ahli dermatologi mengatakan bahwa munculnya jerawat bisa terjadi dengan cepat namun penyembuhannya membutuhkan waktu sekitar 6 – 12 minggu.

Lebih lanjut ahli tersebut mengatakan bahwa kita harus memberi kesempatan kepada satu produk penghilang jerawat untuk bekerja pada kulit minimal satu bulan dan terus menggunakannya jika jerawat kita berangsur-angsur membaik.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, pada minggu-minggu pertama menggunakan produk penghilang jerawat, kulit terlihat sedikit iritasi. Gejala ini ternyata bukan infeksi melainkan peradangan, dan Anda akan menemukan bahwa jerawat kemudian memburuk sebelum benar-benar sembuh. Ini yang seringkali membuat kita khawatir, dan menganggap produk tersebut tidak cocok untuk kulit kita.

5. Memilih produk yang salah

Banyak produk yang dijual bebas di pasaran dan diklaim dapat menyembuhkan jerawat seketika. Namun Anda toh harus mencermati bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, seperti apakah mengandung alkohol, pelembab dan sebagainya. Produk yang mengandung alkohol dapat memperburuk kondisi jerawat, sedangkan yang mengandung pelembab akan menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan jerawat baru.

6. Mengelupas sel kulit mati secara berlebihan

Proses pengelupasan sel kulit mati memang dikenal dapat menyehatkan kulit. Namun jika ini dilakukan lebih dari satu kali dalam seminggu, kulit Anda akan menjadi iritasi bahkan membuatnya lebih rentan terhadap jerawat. Tak mau kulit Anda menjadi tipis dan sensitif kan? Hindari pengelupasan sel kulit mati secara berlebihan ya.

Nah, sekarang Anda tahu bahwa mengatasi jerawat yang membandel tidak mudah. Bahkan tak jarang Anda justru membuatnya tumbuh subur pada kulit dan meradang karena beberapa kesalahan di atas. Jadi, berhati-hatilah ya!



Baca juga
  »
18 Juni 2019
Jangan Khawatir Dengan Breakout!
Kalian pernah dengar istilah “breakout”? Breakout merupakan salah satu permasalah kulit wajah yang seringkali membuat stress para perempuan. Lalu apa itu breakout? Dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Simak penjelasannya berikut ini!

  »
31 Mei 2019
Rambut Beruban Pada Wanita Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya
Rambut beruba merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap manusia, tapi jika rambut beruban tumbuh diusia yang terbilang masih sangat muda trntunya bukan hal yang normal kan? Jadi sebenarnya apa penyebab rambut hitam yang mengalami perubahan warna menjadi putih ?

  »
30 Mei 2019
Intip Kepribadian Wanita Berdasarkan Model Sepatu Favoritnya
Tahukah Anda, ternyata kepribadian wanita bisa dilihat dari model sepatu favoritnya, lho! Wanita cenderung memilih sepatu yang cocok dan membuat mereka merasa nyaman. Paling tidak, mereka akan cenderung memilih karakter sepatu yang pas dengan karakternya sendiri. Lalu bagaimana sih kepribadian wanita berdasarkan model sepatu favoritnya? Simak disini yuk!

  »
29 Mei 2019
Berolahraga Saat Perut Kosong? Ini Bahayanya!
Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga dengan perut kosong jauh lebih baik, karena akan mempermudah penurunan berat badan. Namun sebagian yang lain beranggapan bahwa jika perut kosong maka ketika terjadi pembakaran energi saat berolahraga, tubuh akan menjadi cepat lemas. Lalu, manakah yang benar?

  »
28 Mei 2019
7 Fakta Mengejutkan Tentang Fashion Yang Anda Wajib Tahu
Berbagai model fashion mengalami perkembangan dan perubahan dari tahun ke tahun. Bukan hanya untuk alasan penampilan, namun perkembangan tersebut juga dimaksudkan untuk mengikuti perubahan jaman. Dalam perjalanan sejarah, fashion yang kita kenakan sekarang ini ternyata diciptakan dengan alasan yang mungkin tidak pernah Anda kira. Yuk simak 7 fakta mengejutkan tentang fashion yang Anda wajib tahu berikut ini.

  »
24 Mei 2019
Tips Cermat Memilih Tas Impor
Tas impor seolah tidak ada habisnya diburu oleh wanita terutama dari kalangan atas. Setiap model terbaru dari merk impor pasti menjadi rebutan. Tas impor memang memiliki kelas tersendiri sehingga si konsumen pun dipastikan akan membeli, tidak peduli berapapun harganya. tapi anda juga harus cermat dalam memilih tas impor yang benar-benar asli atau yang palsu. yuk simak beberapa tips ini agar kamu tepat memilih tas yang asli !!